Jumat, 23 April 2010

GUS DUR: JIKA KIAI KAYA MENDADAK

"Gus saya hari ini sedang kaya mendadak!" kata seorang tokoh Kyai di pelosok desa kepada Gus Dur. Saat itu Gus Dur tengah turun ke bawah bersilaturrahim dengan umat di akar rumput, termasuk menemui sahabatnya tadi.

"Memangnya apa yang sampeyan peroleh?" tanya Gus Dur penasaran.

"Hari ini saya motong ayam sampai 18 ekor. Biasanya hanya 1 sampai 3 ekor. Jika motong satu ekor, saya dapat kepalanya. Berarti saya telah mendapat 18 kepala ayam!"

"Hanya itu?"

"Masih ada lagi! Saya dapat sebuah sarung dan uang sebesar tujuh belas ribu rupiah!"

Gus Dur bengong. Cuma dapat segitu saja sudah merasa kaya? Herannya Gus Dur. Itu pasti karena keikhlasan sang kyai desa tadi sehingga biar dapat sedikit sudah merasa kaya. Hatinya penuh syukur kepada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar