Jumat, 23 April 2010

KH. SYAHID KEMADU: Lahirnya Pesantren Hamdalah

Jika orang pernah ketemu Kyai Syahid Kemadu Rembang, pasti akan disuguhi oleh ucapan beliau yang sedikit-sedikit berucap hamdalah, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap beberapa detik, selalu saja berucap : "Alhamdulillah....Alhamdulillah....."

Yang berbeda adalah dari cara beliau mengucapkan hamdalah. Anda akan merasakan muatan syukur yang dalam dari cara beliau melafalkannya, demikian komentar Kyai Mustofa Bisri suatu ketika.

Kyai Syahid adalah pengasuh pesantren yang sejak berdiri tak diberi nama. Tentu banyak yang menanyakan apa sesungguhnya nama pesantren yang oleh kalangan santri disebut 'Pondok Kemadu' itu. Pada sebuah kesempatan di hadapan santri-santrinya, dengan penuh kerendahan hati beliau berkata : "Wong pesantren segitu saja kok diberi nama!"

Karena saking terkenalnya beliau berucap Alhamdulillah, disisi lain orang ingin tahu nama pesantren tersebut. Akhirnya (menurut cerita KH Faqih Mlagen Pamotan, ketika mengisi ceramah di Ponpes As Syatibiyah Kauman Rembang, April 2010), KH Cholil Bisri memberi solusi dengan menyebut pesantren Alhamdulillah saja. Maka oleh banyak kalangan disebutlah pesantren Kyai Syahid dengan sebutan Pesantren Hamdalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar